Proyek pelabuhan patimban Rp 40 Triliun 1


Proyek pelabuhan patimbangProyek pelabuhan patimban Rp 40 Triliun,- Pemerintah segera membangun Pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat. Mega proyek ini akan menelan biaya hingga US$ 3 miliar atau sekitar Rp 40 triliun.

“Pembangunan Pelabuhan Patimban itu nilainya hampir US$ 3 miliar. Sudah rampung, tinggal eksekusi, pembebasan tanah kita sudah mulai bulan ini,” kata Menko Maritim, Luhut Panjaitan, di Istana Bogor, Rabu (4/1/2017).

Pemerintah menggandeng pihak Jepang dalam menggarap proyek tersebut. Ongkos proyek juga akan dapat dari pinjaman Japan International Cooperation Agency (JICA).

“Kita harap nanti kunjungan Perdana Menteri (Jepang) Shinzo Abe tanggal 15 di Istana Bogor akan dibikin announce (pengumuman), termasuk Jakarta-Surabaya, kita sudah sepakat waktu itu, presiden juga sudah saya lapori,” jelasnya.

Nota kesepahaman (MoU) antara Kemenhub dan JICA (Japan International Cooperation Agency) untuk detail engineering pun sudah selesai dilakukan. Luhut berujar, pemerintah akan melakukan penyusunan DED (Detail Engineering Design) lewat Kementerian Perhubungan yang akan melibatkan BPPT, Pelindo dan pihak Jepang.

Selain itu, Luhut juga menyatakan akan menghitung ulang biaya untuk proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya.

Preliminary itu Rp 102 triliun, oleh BPPT sekitar Rp 80 triliun, oleh karena itu studi nanti akan dilakukan oleh BPPT, Jerman, dan kereta api kita,” jelasnya.

 

 Sumber : https://finance.detik.com

Simpan

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Proyek pelabuhan patimban Rp 40 Triliun